Jumat, 20 Maret 2009

potensi tanaman pangan wonogiri


TANAMAN PANGAN

Pertanian di Kabupaten Wonogiri untuk tanaman pangan berupa padi dan gogo terbanyak adalah Kecamatan Girimarto (16.181 ton), Selogiri (15.420 ton), Slogohimo (13.218 ton), Giriwoyo (12.795 ton) dan Tirtomoyo (12.340 ton). Produksi Kedelai didonimasi oleh Manyaran (4.095 ton), Giriwoyo (4.061 ton), Wuryantoro (2.623 ton), Karangtengah (2.286 ton) dan Pracimantoro (2.126 ton). Produksi jagung didominasi oleh Kecamatan Jatiroto (32.717 ton), Giriwoyo (22.638 ton, Eromoko (21.746 ton), Karangtengah (21.329 ton), dan Pracimantoro (17.178 ton). Produktivitas tanaman Produksi Kacang tanah yang terbanyak Ngadirojo (8.197 ton), Wonogiri (4.351 ton), Karangtengah (3.756 ton), Giriwoyo (3.578 ton) dan Sidoharjo (3.321 ton).

  

kembali keatas

TANAMAN BUAH-BUAHAN DAN OBAT-OBATAN  

Berdasarkan data dari Kabupaten Wonogiri dalam Angka 2003, terdapat 18 komoditas tanaman pertanian yaitu tanaman kelapa dalam, kelapa hibrida, kelapa deres, cengkeh, jambu mete, kapok, kopi arabica, kopi robusta, tebu, kapas, obat-obatan, kapulogo, kakao, panili, janggelan, lada, melinjo, wijen Kelompok tani di Kabupaten Wonogiri berdasarkan data Dinas Pertanian Kabupaten Wonogiri sejumlah 1680 kelompok tani. Dengan adanya kelompok tani diharapkan mampu menjadi jembatan untuk mempercepat arus transformasi teknologi/inovasi baru di bidang pertanian dari dinas pertanian (pemerintah ) kepada petani, sehingga dilaksanakan atau tidaknya suatu teknologi baru oleh kelompok tani dapat menjadi indikasi apakah inovasi baru dari pemerintah/dinas pertanian tersebut secara teknis, ekonomi dan sosial dapat diterima oleh petani atau malah sebaliknya. Dengan tersebarnya kelompok tani di masing–masing kecamatan diharapkan pula, serapan yang diterima oleh petani mengenai inovasi teknologi baru tersebut menjadi lebih banyak dan lebih mendalam, karena para penyuluh pertanian (petugas PPL) dapat langsung berhadapan dengan petani melalui pertemuan-pertemuan yang diadakan oleh masing-masing kelompok tani, sehingga apabila ada hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan langsung kepada PPL ataupun sesama anggota kelompok tani yang telah mengerti. 

 

Selain dua hal tersebut, kelompok tani juga berfungsi sebagai lembaga bantuan kredit dan pemasaran ataupun pengolahan hasil pertanian. Sebagai lembaga bantuan kredil, kelompok tani berfungsi sebagai lembaga yang mengelola dan menyalurkan bantuan dana dari pemerintah kepada petani untuk mengembangkan usahataninya, yang dianggap sebagai pinjaman. Dari uraian diatas dapat dikatakan bahwa adanya kelompok tani setiap desa dari masing-masing kecamatan, sangatlah membantu pemerintah dan petani dalam banyak hal, yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani.  

 

Mata pencaharian penduduk merupakan sumber utama yang mendukung keadaan perekonomian keluarga untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidup. Dengan mengetahui mata pencaharian penduduk maka dapat diketahui tingkat kesejahteraan penduduk, dan dengan diketahuinya tingkat kesejahteraan penduduk maka dapat diketahui pula maju mundurnya suatu daerah. Sebagian besar penduduk wonogiri adalah bermata pencaharian sebagai petani dan buruh tani yaitu sebesar 48,47% untuk dapat menghidupi keluarganya. Hal ini dapat dikatakan wajar, sebagaimana daerah-daerah diseluruh Indonesia yang sebagian besar penduduknya bermatapencaharian sebagai petani. Dari keadaan ini maka pemetaan agro ekologi zone ini sangatlah tepat untuk diwujudkan untuk menunjang keberhasilan dan peningkatan produksi pertanian diwilayah Kabupaten Wonogiri, sehingga peningkatan pendapatan petani dapat diikuti dengan peningkatan kesejahteraan petani.

 

Produksi tanaman perkebunan pada tahun 2004 bervariasi pertumbuhannya ada beberapa tanaman yang meingkat produksinya ada juga yang turun serta ada pula yang elatif tetap, sebagai contoh adalah cengkeh yang mengalami kenaikan dari 1.112 ton menjadi .277 ton sedangkan jangelan mengalami penurunan dari 8.835 ton tahun 2003 menjadi 8546 ton. 

 

kembali keatas

KACANG METE
Kacang Mete merupakan produk unggulan Kabupaten Wonogiri yang telah menembus pasar ekspor. Kacang mete bukan hanya diperlukan sebagai makanan khas saja tetapi juga banyak digunakan sebagai bahan campuran roti maupun kue-kue yang memiliki daya jual yang sangat tinggi. Salah satu perusahaan yang mengelola kacang mete ini adalah Usaha Dagang Mandiri dan Usaha Dagang Tanjung Mas. Adapun lokasi pertanian kacang mete ini berada di Kecamatan Jatisrono dengan luas lahan 17.458 hektar dan jumlah produksi 1.0459,5 ton tiap tahunnya. Hasil pertanian ini menjadi komoditi unggulan Kabupaten Wonogiri karena tidak banyak Kabupaten di Propinsi Jawa Tengah yang membudidayakan kacang mete ini. 
 

kembali keatas

JANGGELAN (CINCAU)
Janggelan adalah sejenis tumbuhan rumput yang banyak dibudidayakan di Kabupaten Wonogiri. Manfaat rumput janggelan adalah sebagai obat panas dalam, minuman, kosmetik. Kegunaan janggelan yang sangat besar sebagai bahan obat-obatan maupun kosmetik menjadikan tanaman ini menjadi barang yang diunggulkan di Kabupaten Wonogiri. Permintaan Cincau cukup besar bahan hingga Propinsi Jawa Timur, Jawa Barat dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Pertanian ini dibudidayakan di Kecamatan Bulukerto dengan luas lahan 1.000 hektar dengan jumlah produksi 6.000 ton per tahunnya. Adapun perusahaan yang turut membudidayakan jenis tanaman ini adalah Usaha Dagang Maju Rahayu.

6 komentar:

Anonim mengatakan...

tolong kirimkan data cincau beserta harganya dan bea pengiriman ke rohmad_widianto@yahoo.com. serta no telepon yang bisa di hubungitrims

Anonim mengatakan...

saya punya cincau banyak mari kita kerja sama didaerah saya banyak petani cincau kalo berminat tolong hubungi nomer ini 081334405595 atau saya minta nomer saudara

Anonim mengatakan...

daerah sentra pertanian singkong mukibat di paranggupito lokasinya di mana, mohon bantuannya trims...anggazero@yahoo.com

warta paranggupito mengatakan...

paranggupito jarang sekali tanaman cincau dan jarang dibudidayakan.
untuk ketela pohon hampir semua daerah di wonogiri mempunyai lahan pertanian ketela pohon.

wiwid caem mengatakan...

saya punya janggelan super bagus hubungi saya di boswiwit.blogspot.com

AMISHA mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

sekilas pandang PARANGGUPITO

Paranggupito awalnya hanya sebuah kelurahan, seiring dengan perluasan wilayah kabupaten Wonogiri atau pemekaran wilayah maka Paranggupito dijadikan sebuah Kota kecamatan kecil yang memiliki 8 DESA meliputi :

1. DESA JOHUNUT

2. DESA KETOS

3. DESA SONGBLEDEG

4. DESA PARANGGUPITO

5. DESA SAMBIHARJO

6. DESA GUDANGHARJO

7. DESA GUNTURHARJO

8. DESA GENDAYAKAN

adapun batas wilayahnya bagian barat di kelurahan songbledeg berbatasan langsung dengan kelurahan songbanyu, rongkop gunungkidul, sebelah utara desa johunut berbatasan langsung dengan kec giritontro, wilayah timur desa gendayakan dan desa gunturharjo berbatasan dengan kec donorojo, dan kalak merupakan bagian kabupaten pacitan jawa timur. sebelah selatan berbatasan langsung dengan pantai selatan dimana kecamatan ini mempunyai 3 pantai yang telah dibuka untuk kunjungan wisata, ritual labuhan, dan rencana dermaga kecil. telah memiliki akses jalan dengan jalan aspal namun memang memiliki jalan berliku dan kurang lebar sehingga harus extra hati_hati. Daerah paranggupito memiliki masyarakat yang sebagian besar petani tadah hujan, memelihara ternak, dan sebagian mengembangkan industri rumah tangga gula jawa. juga telah memiliki fasilitas pendidikan dr setingkat taman kanak kanak sampai dengan SMA serta didukung dengan kelompok perkuliahan jarak jauh. fasilitas kesehatan sudah mendukung dengan satu puskesmas kecamatan 3 puskesmas pembatu, dan bidan desa. serta menjadi kecamatan rawan kekeringan, dengan kondisi alam pegunungan batu padas dan tanah yang tidak begitu subur. namun merupakan salah satu kecamatan penghasil budi daya pertanian berupa gaplek dan kayu jati.

wonogiri, kecamatan paranggupito, paranggupito, sambiharjo, gudangharjo, gunturharjo, gendayakan, johunut, ketos, songbledeg, kota kecamatan paranggupito, pantai nampu, pantai sembukan, pantai sanggrahan,wisata pantai wonogiri, gula jawa, gaplek, nasi thiwul, giribelah

KAOS " I LOVE PARANGGUPITO "

KAOS " I LOVE PARANGGUPITO "
yang menginginkan kaos dengan desain ini bisa pesan dengan harga 25.000 belum termasuk ongkos kirim, bagi yg berminat hub 085228691955

PARANGGUPITO MAP

PARANGGUPITO MAP


peta" PARANGGUPITO "

peta" PARANGGUPITO "