Senin, 09 Mei 2011

Mas Kawin Pernikahan Danar Rahmanto – Tabitha 8.500 Dinar


INFOWONOGIRI.COM-WONOGIRI-Minggu Legi (8/5/11) menjadi sejarah penting bagi Danar Rahmanto (45) dan Tabita Marantika (22). Bupati Wonogiri ini secara resmi menikahi Mahasiswi semester IV Jurusan Ekonomi AUB Surakarta warga asal Dusun Kopen RT 01 RW 03 Kelurahan /Kecamatan Jatiroto.
Pesta Pernikahan digelar di rumah pribadi Danar Rahmanto di Jl Raya Ngadirojo, di Dusun Kenteng RT 03 RW 03 Desa Ngadirojo Kidul Kecamatan Ngadirojo. Upacara pernikahan secara islami dipimpin oleh penghulu H Muflih Hanik. Hadir sebagai wali mempelai wanita Suyatno pakde Tabita Marantika dan Camat jatiroto Panji Tito Yuwono.
Sementara saksi utama pada pihak Danar Rahmanto adalah pamannya H Sutardi dan Guruh Soekarno Putra. Kepala Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ngadirojo yang memimpin ijab kabul itu menggunakan bahasa Indonesia. Danar membayar mas kawin sebagai mahar mata uang Dinar (Arab Saudi) sebanyak 5.800.
Jumlah uang tersebut menandakan tanggal resepsi pernikahan Danar-Tabita. Angka delapan (8) menunjukan tanggal. Angka lima (5) menunjukan bulan. Angka 00 tidak dijelaskan maknanya. Sedangkan Dinar artinya dari Danar. Hanya itu. “Tidak ada tunangan dan tidak ada pula tukar cincin saat lamaran dulu,” ujar mertua Danar Rahmanto, Marjiyo.
Usai akad nikah dilanjutkan resepsi pernikahan. Mempelai berdua menuju kursi pelaminan tampa upacara tradisi. Mempelai pria mengenakan busana Kesatria Jawa berwarna putih, dan mempelai wanita mengenakan kebaya Jawa. Dekorasi panggung Gebyok Jawa. Kedua mepelai berdiri menyambut ratusan tamu undangan di didampingi kakak kandung ke dua Joko Sutantyo, Ny Suprapto.
Kedua orang tua Tabita Marantika Marjiyo-Atik Mulyani tampak mendampingi. Tampak hadir tamu istimewa, Gubenur Jawa Tengah Bibit Waluyo berserta istri, Bupati Sukoharjo Wardoyo, Walikota Solo Joko Widodo dan Wawali Rudi Hadiyatmo, anggota DPRD Propinsi Ayuning Sekar Suci, Subandi, Joko Purnomo, hadir pula DPR RI Sumaryoto, mantan Bupati Wonogiri Begug Poernomosidi, Mantan Sekda Sukoharjo, Suprapto, Mantan Sekda Wonogiri Suprapto.
Pejabat Muspida Wonogiri juga tampak hadir. Wakil Bupati Wonogiri H Yuli Handoko, Ketua DPRD Wonogiri Wawan Setyo Nugroho dan sebagian anggota DPRD Wonogiri tampak secara bergantian hadir menyalami kedua mempelai. Sekda Pemda Wonogiri Sutanto, Kepala Dinas satuan kantor perangkat daerah (SKPD) dan pejabat di lingkungan Sekda serta Camat se Kabupaten Wonogiri.
Orang tua Tabita, Marjiyo menyatakan sangat bahagia atas terselenggaranya pernikahan ini. Akad nikah dan resepsi pernikahan telah berjalan lancer. “Saya hari ini bahagia sekali,” ujar ayah dua anak ini. Tabita adalah anak pertamanya. Marjiyo menceritakan, perkenalan Tabita-Danar terjadi sektar setahun silam, menjelang pemilukada 2010. Saat itu Tabita bekerja sebagai sekretaris prdibadinya.
Kebahagiaan juga tampak terpancar dari wajah keluarga Danar Rahmanto, antara lain pamannya H Sutardi. Dia membeberkan, Danar adalah anak ke empat dari lima bersaudara pasangan Salman Atmo Wiranto (alm) dan Sutanti (Alm). Kakak kandung pertama Danar adalah Harjuno (alm), Joko Sutantyo, Heri Sumarmo jejaka di Semarang, Danar Rahmanto dan adiknya Agus Hartono (alm).
Danar sebelumnya menikahi Tabita, adalah suami dari Utin (42) warga Jatiroto Wonogiri. Hasil menikah dengan Utin dikaruniai tiga anak. Yaitu Zul Roid Hasbul Ghoni (14) siswa SMP Muhammadiyah 5 Solo, Zul Zaim (12) siswa kelas 6 SD Al Ashar dan Zulfa Hanifa (9) SD Al Ashar. Namun Utin tidak tampak hadir. Anak kedua dan ketiganya tidak tampak hadir. Hanya anak pertama yang terlihat hadir.
Perlu diketahui rangkaian resepsi pernikahan sebelumnya terlah digelar. Kali pertama digelar malam tasyakuran pada Kamis (6/5/11) lalu. Malam itu di rumah pribadi Danar, digelar malam tasyakuran para paguyuban Praja Wonogiri, malam itu dipentaskan tari seni tradisi Wonogiri. Sehari setelah digelar ceramah agama yang disampaikan oleh Kyai Mbeling MH Ainun Najib. Sedangkan, pada resepsi kemarin, dipentaskan pelawak kondang Yati Pesek, Baguse Ngarso dan Kopral. (bagus@infowonogiri.com)

Tidak ada komentar:

sekilas pandang PARANGGUPITO

Paranggupito awalnya hanya sebuah kelurahan, seiring dengan perluasan wilayah kabupaten Wonogiri atau pemekaran wilayah maka Paranggupito dijadikan sebuah Kota kecamatan kecil yang memiliki 8 DESA meliputi :

1. DESA JOHUNUT

2. DESA KETOS

3. DESA SONGBLEDEG

4. DESA PARANGGUPITO

5. DESA SAMBIHARJO

6. DESA GUDANGHARJO

7. DESA GUNTURHARJO

8. DESA GENDAYAKAN

adapun batas wilayahnya bagian barat di kelurahan songbledeg berbatasan langsung dengan kelurahan songbanyu, rongkop gunungkidul, sebelah utara desa johunut berbatasan langsung dengan kec giritontro, wilayah timur desa gendayakan dan desa gunturharjo berbatasan dengan kec donorojo, dan kalak merupakan bagian kabupaten pacitan jawa timur. sebelah selatan berbatasan langsung dengan pantai selatan dimana kecamatan ini mempunyai 3 pantai yang telah dibuka untuk kunjungan wisata, ritual labuhan, dan rencana dermaga kecil. telah memiliki akses jalan dengan jalan aspal namun memang memiliki jalan berliku dan kurang lebar sehingga harus extra hati_hati. Daerah paranggupito memiliki masyarakat yang sebagian besar petani tadah hujan, memelihara ternak, dan sebagian mengembangkan industri rumah tangga gula jawa. juga telah memiliki fasilitas pendidikan dr setingkat taman kanak kanak sampai dengan SMA serta didukung dengan kelompok perkuliahan jarak jauh. fasilitas kesehatan sudah mendukung dengan satu puskesmas kecamatan 3 puskesmas pembatu, dan bidan desa. serta menjadi kecamatan rawan kekeringan, dengan kondisi alam pegunungan batu padas dan tanah yang tidak begitu subur. namun merupakan salah satu kecamatan penghasil budi daya pertanian berupa gaplek dan kayu jati.

wonogiri, kecamatan paranggupito, paranggupito, sambiharjo, gudangharjo, gunturharjo, gendayakan, johunut, ketos, songbledeg, kota kecamatan paranggupito, pantai nampu, pantai sembukan, pantai sanggrahan,wisata pantai wonogiri, gula jawa, gaplek, nasi thiwul, giribelah

KAOS " I LOVE PARANGGUPITO "

KAOS " I LOVE PARANGGUPITO "
yang menginginkan kaos dengan desain ini bisa pesan dengan harga 25.000 belum termasuk ongkos kirim, bagi yg berminat hub 085228691955

PARANGGUPITO MAP

PARANGGUPITO MAP


peta" PARANGGUPITO "

peta" PARANGGUPITO "