Senin, 27 April 2009

PRIHATIN BANTUAN BLT DIPOTONG


Paranggupito (Espos) Pencairan dana bantuan langsung tunai (BLT) di Kecamatan Paranggupito yang dilangsungkan akhir pekan lalu, diwarnai kabar pemotongan senilai Rp 50.000/rumah tangga sasaran (RTS). 

Salah seorang penerima, Surip, 76, warga Glagahombo, Desa Gendayakan, Kecamatan Paranggupito, Senin (27/4), mengaku dipotong Rp 50.000. Dengan bahasa Jawa, dia tidak menjelaskan secara rinci, akan digunakan apa potongan tersebut. Warga Glagahombo yang lain, Paiman, mengaku uang BLT-nya tidak dipotong.
Surip dan Paiman berangkat dari rumah pukul 06.00 WIB dan baru menerima sekitar pukul 12.00 WIB. Paiman mengaku dana tersebut akan digunakan untuk membeli air bersih dan mencukup kebutuhan sehari-hari, seperti makan.
Camat Paranggupito, Sularso saat dikonfirmasi menjelaskan di setiap sosialisasi pihaknya menekankan tidak ada pemotongan dalam pencairan BLT. ”Di setiap sosialisasi, kami tekankan tidak ada pemotongan sepersen pun. Namun demikian, atas informasi ini kami akan segera klarifikasi.”
Sularso mengatakan agar warga tidak berdesak-desakan, dibuat dua meja untuk dua desa. “Ada 2.500 RTS yang menerima BLT tahun ini. Jumlah itu sama dengan penerima tahun lalu dan hari ini Desa Johunut dan Gendayakan.
Kapolsek Persiapan Paranggupito, Iptu Sumitro, mengatakan pelaksanaan pembagian berjalan lancar. ”Setiap pencairan, ada enam polisi yang melakukan pengamanan agar tidak berdesak-desakan.”
Berdasar pemantauan Espos penerimaan BLT di Paranggupito dilakukan di Pendapa Kantor Kecamatan dengan pengawasan polisi. Setiap RTS menunjukkan surat pengantar dari desa dan KTP atau KK, sebelum menandatangani blangko penerimaan. RTS menerima dana senilai Rp 200.000/RTS. 
Warga Dusun Mloko RT 01/I, Desa Songbledeg, Paranggupito, Bagong, mengaku menerima penuh Rp 200.000. “Rencana akan kami belikan cempe, biar bisa dipelihara.” Dia bersama 35 penerima lainnya mencarter mobil. “Kami carter kendaraan Rp 5.000/orang pulang pergi. Tidak ada pemotongan.”
Petugas perwakilan Kantor Pos Pracimantoro, Haryani, mengatakan pada pembayaran hari kedua kemarin, pihaknya melayani 1.200-an penerima BLT.

Tidak ada komentar:

sekilas pandang PARANGGUPITO

Paranggupito awalnya hanya sebuah kelurahan, seiring dengan perluasan wilayah kabupaten Wonogiri atau pemekaran wilayah maka Paranggupito dijadikan sebuah Kota kecamatan kecil yang memiliki 8 DESA meliputi :

1. DESA JOHUNUT

2. DESA KETOS

3. DESA SONGBLEDEG

4. DESA PARANGGUPITO

5. DESA SAMBIHARJO

6. DESA GUDANGHARJO

7. DESA GUNTURHARJO

8. DESA GENDAYAKAN

adapun batas wilayahnya bagian barat di kelurahan songbledeg berbatasan langsung dengan kelurahan songbanyu, rongkop gunungkidul, sebelah utara desa johunut berbatasan langsung dengan kec giritontro, wilayah timur desa gendayakan dan desa gunturharjo berbatasan dengan kec donorojo, dan kalak merupakan bagian kabupaten pacitan jawa timur. sebelah selatan berbatasan langsung dengan pantai selatan dimana kecamatan ini mempunyai 3 pantai yang telah dibuka untuk kunjungan wisata, ritual labuhan, dan rencana dermaga kecil. telah memiliki akses jalan dengan jalan aspal namun memang memiliki jalan berliku dan kurang lebar sehingga harus extra hati_hati. Daerah paranggupito memiliki masyarakat yang sebagian besar petani tadah hujan, memelihara ternak, dan sebagian mengembangkan industri rumah tangga gula jawa. juga telah memiliki fasilitas pendidikan dr setingkat taman kanak kanak sampai dengan SMA serta didukung dengan kelompok perkuliahan jarak jauh. fasilitas kesehatan sudah mendukung dengan satu puskesmas kecamatan 3 puskesmas pembatu, dan bidan desa. serta menjadi kecamatan rawan kekeringan, dengan kondisi alam pegunungan batu padas dan tanah yang tidak begitu subur. namun merupakan salah satu kecamatan penghasil budi daya pertanian berupa gaplek dan kayu jati.

wonogiri, kecamatan paranggupito, paranggupito, sambiharjo, gudangharjo, gunturharjo, gendayakan, johunut, ketos, songbledeg, kota kecamatan paranggupito, pantai nampu, pantai sembukan, pantai sanggrahan,wisata pantai wonogiri, gula jawa, gaplek, nasi thiwul, giribelah

KAOS " I LOVE PARANGGUPITO "

KAOS " I LOVE PARANGGUPITO "
yang menginginkan kaos dengan desain ini bisa pesan dengan harga 25.000 belum termasuk ongkos kirim, bagi yg berminat hub 085228691955

PARANGGUPITO MAP

PARANGGUPITO MAP


peta" PARANGGUPITO "

peta" PARANGGUPITO "