Minggu, 28 Juni 2009

WACANA SEKOLAH 2 BAHASA

”Pengantar pelajaran 2 bahasa terkendala SDM” 

Wonogiri (Espos) Program penyampaian pelajaran dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar terbentur oleh sumber daya manusia (SDM). 

Menurut pengajar dari UNS, Djatmika, program tersebut membutuhkan komitmen antara lembaga pendidikan dan orangtua siswa. Dia mengatakan, permasalahan lain yang timbul dari program pemberian materi sekolah dengan dua bahasa yakni sumber daya manusia harus mendukung. Dia mengatakan, kendala yang sama dihadapi jika menempatkan guru bahasa Inggris untuk mengajar materi pelajaran yang bukan Bahasa Inggris. 
“Banyak guru yang pintar mengelola materi pelajaran tetapi tidak banyak di antara mereka yang mampu, berkompetensi menggunakan bahasa Inggris,” jelasnya, dalam lokakarya internasional Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Pengantar Mata Pelajaran di Sekolah, di Wonogiri, Sabtu (27/6). 
Sementara menurut pembicara dari Universitas Utara Malaysia (UUM), Nuraini Yusoff, pemberian materi pelajaran dengan dua bahasa terletak kemampuan guru ketika menyampaikan pelajaran. Dia mengatakan, tidak hanya menguasai materi, guru juga dituntut membuat suasana pembelajaran tersebut lebih menarik. “Secara umum, rancangan materi pelajaran harus matang sehingga dapat menarik perhatian pelajar,” ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Suparno, mengatakan model pembelajaran bahasa Inggris seharusnya diberikan kepada anak usia dini, mengingat bahasa pergaulan internasional itu memungkinkan mereka untuk berinteraksi secara global. Kendati demikian, kemampuan anak untuk bertata bahasa Indonesia tidak boleh diabaikan.
Menurut Suparno, mulai dirintis sekolah berstandar internasional untuk mengintensifkan siswa aktif menggunakan bahasa Inggris di lingkungan sekolah. Dia mengatakan, hal itu ditunjang oleh materi pelajaran yang menjadikan bahasa Inggris sebagai pengantarnya. “Sudah menjadi tuntutan ketika di era globalisasi, pengantar pendidikan seharusnya bisa dilakukan dengan bahasa Inggris,” papar dia. - Oleh : das

Tidak ada komentar:

sekilas pandang PARANGGUPITO

Paranggupito awalnya hanya sebuah kelurahan, seiring dengan perluasan wilayah kabupaten Wonogiri atau pemekaran wilayah maka Paranggupito dijadikan sebuah Kota kecamatan kecil yang memiliki 8 DESA meliputi :

1. DESA JOHUNUT

2. DESA KETOS

3. DESA SONGBLEDEG

4. DESA PARANGGUPITO

5. DESA SAMBIHARJO

6. DESA GUDANGHARJO

7. DESA GUNTURHARJO

8. DESA GENDAYAKAN

adapun batas wilayahnya bagian barat di kelurahan songbledeg berbatasan langsung dengan kelurahan songbanyu, rongkop gunungkidul, sebelah utara desa johunut berbatasan langsung dengan kec giritontro, wilayah timur desa gendayakan dan desa gunturharjo berbatasan dengan kec donorojo, dan kalak merupakan bagian kabupaten pacitan jawa timur. sebelah selatan berbatasan langsung dengan pantai selatan dimana kecamatan ini mempunyai 3 pantai yang telah dibuka untuk kunjungan wisata, ritual labuhan, dan rencana dermaga kecil. telah memiliki akses jalan dengan jalan aspal namun memang memiliki jalan berliku dan kurang lebar sehingga harus extra hati_hati. Daerah paranggupito memiliki masyarakat yang sebagian besar petani tadah hujan, memelihara ternak, dan sebagian mengembangkan industri rumah tangga gula jawa. juga telah memiliki fasilitas pendidikan dr setingkat taman kanak kanak sampai dengan SMA serta didukung dengan kelompok perkuliahan jarak jauh. fasilitas kesehatan sudah mendukung dengan satu puskesmas kecamatan 3 puskesmas pembatu, dan bidan desa. serta menjadi kecamatan rawan kekeringan, dengan kondisi alam pegunungan batu padas dan tanah yang tidak begitu subur. namun merupakan salah satu kecamatan penghasil budi daya pertanian berupa gaplek dan kayu jati.

wonogiri, kecamatan paranggupito, paranggupito, sambiharjo, gudangharjo, gunturharjo, gendayakan, johunut, ketos, songbledeg, kota kecamatan paranggupito, pantai nampu, pantai sembukan, pantai sanggrahan,wisata pantai wonogiri, gula jawa, gaplek, nasi thiwul, giribelah

KAOS " I LOVE PARANGGUPITO "

KAOS " I LOVE PARANGGUPITO "
yang menginginkan kaos dengan desain ini bisa pesan dengan harga 25.000 belum termasuk ongkos kirim, bagi yg berminat hub 085228691955

PARANGGUPITO MAP

PARANGGUPITO MAP


peta" PARANGGUPITO "

peta" PARANGGUPITO "