Minggu, 23 Agustus 2009

Awas, kekeringan akibat El Nino

Wonogiri (Espos) Warga Wonogiri bagian selatan diminta mewaspadai kemarau panjang yang dimungkinkan karena pengaruh El Nino. 

epala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Wonogiri, Margono, menyatakan El Nino, diprediksi akan terjadi pada akhir 2009 dan awal 2010. Dia mengatakan, jika hal tersebut terjadi, dampak kekeringan akan meluas. Untuk itu, sambung dia, warga harus berhemat dalam penggunaan air khususnya untuk kebutuhan sehari-hari. 
”Kami memprediksi puncak kemarau akan terjadi pada September, tetapi jika terkena dampak El Nino, diperkirakan kemarau hingga Oktober-November,” jelas dia ketika dijumpai Espos di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu.Dia mengatakan, batuan air dari pemerintah kabupaten maupun pihak ketiga secara berkala disalurkan kepada warga yang membutuhkan. Menurutnya, bantuan air tersebut membantu meringankan beban masyarakat setempat. 
Dia menambahkan, pengedropan air untuk masyarakat Nguntoronadi dan Batuwarno akan diberikan pada September mendatang karena pasokan air masih mencukupi dan masyarakaty masih mampu membeli air. ”Bantuan air dapat disalurkan kepada warga dan dikelola pemerintah kecamatan, agar bantuan air merata,” jelasnya.
Di kecamatan, sambung dia, terdapat pos penanganan kekeringan sehingga bantuan air dapat disalurkan kepada warga yang membutuhkan. Dia mengatakan, air 1.050 tangki bantuan pemerintah akan disalurkan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya kemarau panjang. ”Dalam memberikan bantuan kami mempertimbangkan jika terjadi kemarau panjang, jangan sampai pada puncak kemarau bantuan air menipis,” jelas dia.

Apa itu El Nino?

El Nino adalah fenomena alam dan bukan badai, secara ilmiah diartikan dengan meningkatnya suhu muka laut di sekitar Pasifik Tengah dan Timur sepanjang ekuator dari nilai rata-ratanya dan secara fisik El Nino tidak dapat dilihat.

Fenomena El Nino menyebabkan curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia berkurang, tingkat berkurangnya curah hujan ini sangat tergantung dari intensitas El Nino tersebut. Tidak seluruh wilayah Indonesia dipengaruhi oleh fenomena El Nino.

El Nino pernah menimbulkan kekeringan panjang di Indonesia. Curah hujan berkurang dan keadaan bertambah menjadi lebih buruk dengan meluasnya kebakaran hutan dan asap yang ditimbulkannya. 

Sumber: edukasi.net - Oleh : Dina Ananti Sawitri Setyani

1 komentar:

Anonim mengatakan...

wah siap-siap kemarau panjang neh..........

sekilas pandang PARANGGUPITO

Paranggupito awalnya hanya sebuah kelurahan, seiring dengan perluasan wilayah kabupaten Wonogiri atau pemekaran wilayah maka Paranggupito dijadikan sebuah Kota kecamatan kecil yang memiliki 8 DESA meliputi :

1. DESA JOHUNUT

2. DESA KETOS

3. DESA SONGBLEDEG

4. DESA PARANGGUPITO

5. DESA SAMBIHARJO

6. DESA GUDANGHARJO

7. DESA GUNTURHARJO

8. DESA GENDAYAKAN

adapun batas wilayahnya bagian barat di kelurahan songbledeg berbatasan langsung dengan kelurahan songbanyu, rongkop gunungkidul, sebelah utara desa johunut berbatasan langsung dengan kec giritontro, wilayah timur desa gendayakan dan desa gunturharjo berbatasan dengan kec donorojo, dan kalak merupakan bagian kabupaten pacitan jawa timur. sebelah selatan berbatasan langsung dengan pantai selatan dimana kecamatan ini mempunyai 3 pantai yang telah dibuka untuk kunjungan wisata, ritual labuhan, dan rencana dermaga kecil. telah memiliki akses jalan dengan jalan aspal namun memang memiliki jalan berliku dan kurang lebar sehingga harus extra hati_hati. Daerah paranggupito memiliki masyarakat yang sebagian besar petani tadah hujan, memelihara ternak, dan sebagian mengembangkan industri rumah tangga gula jawa. juga telah memiliki fasilitas pendidikan dr setingkat taman kanak kanak sampai dengan SMA serta didukung dengan kelompok perkuliahan jarak jauh. fasilitas kesehatan sudah mendukung dengan satu puskesmas kecamatan 3 puskesmas pembatu, dan bidan desa. serta menjadi kecamatan rawan kekeringan, dengan kondisi alam pegunungan batu padas dan tanah yang tidak begitu subur. namun merupakan salah satu kecamatan penghasil budi daya pertanian berupa gaplek dan kayu jati.

wonogiri, kecamatan paranggupito, paranggupito, sambiharjo, gudangharjo, gunturharjo, gendayakan, johunut, ketos, songbledeg, kota kecamatan paranggupito, pantai nampu, pantai sembukan, pantai sanggrahan,wisata pantai wonogiri, gula jawa, gaplek, nasi thiwul, giribelah

KAOS " I LOVE PARANGGUPITO "

KAOS " I LOVE PARANGGUPITO "
yang menginginkan kaos dengan desain ini bisa pesan dengan harga 25.000 belum termasuk ongkos kirim, bagi yg berminat hub 085228691955

PARANGGUPITO MAP

PARANGGUPITO MAP


peta" PARANGGUPITO "

peta" PARANGGUPITO "