Senin, 28 September 2009

Tarif naik, petugas parkir panen rezeki





Wonogiri (Espos) Lonjakan jumlah pengunjung di swalayan dan Pasar Wonogiri merupakan berkah bagi petugas parkir di kawasan itu. Tak heran peningkatan jumlah pengunjung itu dimanfaatkan petugas dengan menaikkan tarif dari Rp 500 menjadi Rp 1.000 per sepeda motor. Sementara tarif parkir mobil naik dari Rp 1.500 menjadi Rp 2.000. 

Dengan mengenakan rompi oranye menyala, mereka menertibkan motor agar tidak mengganggu lalu lintas. Menurut salah seorang petugas parkir, Heru, 28, menjelang Lebaran, parkir mobil di depan Pasar Wonogiri meningkat dua deret sehingga hampir memakan separuh badan jalan. Karena itu, sambung dia, pengguna jalan yang melintasi daerah itu harus ekstra hati-hati. “Lonjakan pengunjung sudah mulai sejak tiga hari lalu, sehingga ruas jalan dipadati parkir mobil maupun sepeda motor,” ungkap dia sembari menutup jok motor dengan selembar kardus.
Dibandingkan beberapa hari sebelumnya, jumlah kendaraan yang parkir di depan pasar sebelah timur kurang lebih 25 hingga 30 kendaraan. Sementara sejak tiga hari lalu, jumlah parkir kendaraan melonjak menjadi 100 kendaraan per hari. Mengamati lonjakan pengunjung, Heru lantas menaikkan harga parkir yang sebelumnya Rp 500 menjadi Rp 1.000. “Pas ramai pendapatan bersih Rp 80.000, sementara pada hari biasa hasil bersihnya Rp 20.000 hingga Rp 25.000,” paparnya.
Menurut petugas parkir lainnya, Agus, saat kendaraan yang diparkir meningkat, ada petugas tambahan untuk membantu mengawasi kendaraan. Jika hari biasa jumlah kendaraan 50, sejak tiga hari lalu jumlah kendaraan dalam sehari mencapai 200. Dia mengaku penghasilan ketika menjelang Lebaran tidak bertambah mengingat jumlah petugas pun diperbanyak. “Yang utama adalah menjaga kendaraan yang diparkir aman, tidak ada komplain hilang helm atau lainnya,” paparnya.
Tarif yang dinaikkan menjadi Rp 1.000 per kendaraan dinilai wajar, mengingat pada hari biasa tarif Rp 500. Menurutnya, dengan menambahkan petugas parkir maka hasil yang diperoleh dibagi sejumlah petugas tersebut. “Meskipun hasil kesepakatan lelang tarif parkir dikenakan Rp 1.000 tetapi pada hari biasa kami hanya menerapkan separuhnya,” paparnya. - Oleh : DAS

Tidak ada komentar:

sekilas pandang PARANGGUPITO

Paranggupito awalnya hanya sebuah kelurahan, seiring dengan perluasan wilayah kabupaten Wonogiri atau pemekaran wilayah maka Paranggupito dijadikan sebuah Kota kecamatan kecil yang memiliki 8 DESA meliputi :

1. DESA JOHUNUT

2. DESA KETOS

3. DESA SONGBLEDEG

4. DESA PARANGGUPITO

5. DESA SAMBIHARJO

6. DESA GUDANGHARJO

7. DESA GUNTURHARJO

8. DESA GENDAYAKAN

adapun batas wilayahnya bagian barat di kelurahan songbledeg berbatasan langsung dengan kelurahan songbanyu, rongkop gunungkidul, sebelah utara desa johunut berbatasan langsung dengan kec giritontro, wilayah timur desa gendayakan dan desa gunturharjo berbatasan dengan kec donorojo, dan kalak merupakan bagian kabupaten pacitan jawa timur. sebelah selatan berbatasan langsung dengan pantai selatan dimana kecamatan ini mempunyai 3 pantai yang telah dibuka untuk kunjungan wisata, ritual labuhan, dan rencana dermaga kecil. telah memiliki akses jalan dengan jalan aspal namun memang memiliki jalan berliku dan kurang lebar sehingga harus extra hati_hati. Daerah paranggupito memiliki masyarakat yang sebagian besar petani tadah hujan, memelihara ternak, dan sebagian mengembangkan industri rumah tangga gula jawa. juga telah memiliki fasilitas pendidikan dr setingkat taman kanak kanak sampai dengan SMA serta didukung dengan kelompok perkuliahan jarak jauh. fasilitas kesehatan sudah mendukung dengan satu puskesmas kecamatan 3 puskesmas pembatu, dan bidan desa. serta menjadi kecamatan rawan kekeringan, dengan kondisi alam pegunungan batu padas dan tanah yang tidak begitu subur. namun merupakan salah satu kecamatan penghasil budi daya pertanian berupa gaplek dan kayu jati.

wonogiri, kecamatan paranggupito, paranggupito, sambiharjo, gudangharjo, gunturharjo, gendayakan, johunut, ketos, songbledeg, kota kecamatan paranggupito, pantai nampu, pantai sembukan, pantai sanggrahan,wisata pantai wonogiri, gula jawa, gaplek, nasi thiwul, giribelah

KAOS " I LOVE PARANGGUPITO "

KAOS " I LOVE PARANGGUPITO "
yang menginginkan kaos dengan desain ini bisa pesan dengan harga 25.000 belum termasuk ongkos kirim, bagi yg berminat hub 085228691955

PARANGGUPITO MAP

PARANGGUPITO MAP


peta" PARANGGUPITO "

peta" PARANGGUPITO "