Kamis, 01 April 2010

Jembatan ambrol, akses antarkecamatan terputus

Wonogiri (Espos)–Banjir yang terjadi di Desa Banaran, Kecamatan Pracimantoro akhir pekan lalu mengakibatkan ambrolnya jembatan. Akibatnya akses transportasi antarkecamatan, yakni antara Kecamatan Pracimantoro dan Giritontro putus.

Informasi yang dihimpun Espos di lokasi kejadian, Selasa (30/3), jalan altaernatif yang telah menjadi jalur utama antarkecamatan itu, tidak hanya untuk dua kecamatan. Namun juga ke arah Kecamatan Baturetno dan Giriwoyo. Salah seorang warga Dusun Dungpadas, Banaran, Gito mengatakan angkutan pedesaan yang menggunakan akses jalan tersebut praktis telah terputus selama empat hari ini atau sejak Sabtu pekan lalu.

Ditambahkan oleh Wasidi, dasar jembatan atau bangunan dibawah jembatan itu dua tahun lalu telah tergerus hingga menganga.

“Banjir berlangsung sejak sore sekitar pukul 19.00 WIB, namun sekitar pukul 23.30 WIB kami mendengar suara. Kami pikir suara itu kendaraan yang terjatuh ke sungai, ternyata jembatan telah ambrol,” jelasnya.

Jembatan itu, menurut keduanya, telah dilakukan perbaikan atau renovasi dua kali. Terakhir, bangunan tersebut dibangun 16 November 1995. Saat terjadi kerusakan dua tahun lalu, sudah dilaporkan ke Bupati namun hingga kini belum ada perbaikan hingga terjadi kerusakan yang lebih besar. Warga juga mengatakan, kemungkinan lain dikarenakan kendaraan bertonase berat juga melintas jembatan itu.

Sementara bangunan jembatan tidak ada tulangan atau besi. Kades Banaran, Katno juga telah melaporkan kejadian itu ke Camat Pracimantoro, Kuswandi.

Tidak ada komentar:

sekilas pandang PARANGGUPITO

Paranggupito awalnya hanya sebuah kelurahan, seiring dengan perluasan wilayah kabupaten Wonogiri atau pemekaran wilayah maka Paranggupito dijadikan sebuah Kota kecamatan kecil yang memiliki 8 DESA meliputi :

1. DESA JOHUNUT

2. DESA KETOS

3. DESA SONGBLEDEG

4. DESA PARANGGUPITO

5. DESA SAMBIHARJO

6. DESA GUDANGHARJO

7. DESA GUNTURHARJO

8. DESA GENDAYAKAN

adapun batas wilayahnya bagian barat di kelurahan songbledeg berbatasan langsung dengan kelurahan songbanyu, rongkop gunungkidul, sebelah utara desa johunut berbatasan langsung dengan kec giritontro, wilayah timur desa gendayakan dan desa gunturharjo berbatasan dengan kec donorojo, dan kalak merupakan bagian kabupaten pacitan jawa timur. sebelah selatan berbatasan langsung dengan pantai selatan dimana kecamatan ini mempunyai 3 pantai yang telah dibuka untuk kunjungan wisata, ritual labuhan, dan rencana dermaga kecil. telah memiliki akses jalan dengan jalan aspal namun memang memiliki jalan berliku dan kurang lebar sehingga harus extra hati_hati. Daerah paranggupito memiliki masyarakat yang sebagian besar petani tadah hujan, memelihara ternak, dan sebagian mengembangkan industri rumah tangga gula jawa. juga telah memiliki fasilitas pendidikan dr setingkat taman kanak kanak sampai dengan SMA serta didukung dengan kelompok perkuliahan jarak jauh. fasilitas kesehatan sudah mendukung dengan satu puskesmas kecamatan 3 puskesmas pembatu, dan bidan desa. serta menjadi kecamatan rawan kekeringan, dengan kondisi alam pegunungan batu padas dan tanah yang tidak begitu subur. namun merupakan salah satu kecamatan penghasil budi daya pertanian berupa gaplek dan kayu jati.

wonogiri, kecamatan paranggupito, paranggupito, sambiharjo, gudangharjo, gunturharjo, gendayakan, johunut, ketos, songbledeg, kota kecamatan paranggupito, pantai nampu, pantai sembukan, pantai sanggrahan,wisata pantai wonogiri, gula jawa, gaplek, nasi thiwul, giribelah

KAOS " I LOVE PARANGGUPITO "

KAOS " I LOVE PARANGGUPITO "
yang menginginkan kaos dengan desain ini bisa pesan dengan harga 25.000 belum termasuk ongkos kirim, bagi yg berminat hub 085228691955

PARANGGUPITO MAP

PARANGGUPITO MAP


peta" PARANGGUPITO "

peta" PARANGGUPITO "