Minggu, 17 Oktober 2010

Dinsos pusing, dana tanggap bencana minim

Wonogiri (Espos)–Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Wonogiri di tahun 2011 mendatang bakal pusing. Karena anggaran untuk bantuan logistik korban bencana alam hanya dialokasikan senilai Rp 10 juta, sangat jauh dari kebutuhan ideal minimal Rp 150 juta.

Padahal, Wonogiri memiliki daerah-daerah yang menjadi langganan bencana tahunan, misalnya tanah longsor di Kismantoro, Karangtengah, Tirtomoyo, Jatiroto, serta banjir di beberapa wilayah di dekat aliran Sungai Bengawan Solo. Belum lagi jika ada bencana alam tak terduga.

“Kami bukannya mengharapkan akan ada bencana alam. Tapi yang namanya bencana kan juga tidak bisa diprediksi. Jadi alangkah baiknya jika Dinsos memiliki persiapan yang memadai. Tahun ini saja dengan anggaran Rp 150 juta, masih belum mencukupi. Lha sekarang kok hanya dianggarkan Rp 10 juta,” ungkap Kepala Dinsos Wonogiri, Suharno, saat ditemui wartawan seusai mengikuti rapat bersama jajaran SKPD lainnya di Ruang Kerja Bupati, Jumat (15/10).

Suharno mengatakan anggaran Rp 10 juta itu paling hanya bisa digunakan untuk membeli beras sebanyak 1 ton sampai 1,5 ton. Padahal, dalam setahun kebutuhan minimal untuk pemberian bantuan logistik korban bencana alam rutin seperti banjir dan tanah longsor mencapai 15 ton.

Sebelumnya, dalam sidang paripurna persetujuan kebijakan umum anggaran (KUA) dan prioritas plafon anggaran sementara (PPAS) APBD 2011, Rabu (13/10), Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) dalam sikap akhirnya juga sempat menyinggung tentang anggaran bantuan logistik bencana alam yang sangat minim tersebut. Fraksi tersebut bahkan menyebut kondisi itu sebagai suatu hal yang ironis dan sangat memprihatinkan.

FPKS menilai dengan anggaran hanya Rp 10 juta, bantuan bencana alam tahunan yang selama ini ada, tidak mungkin lagi akan signifikan. “FPKS berharap agar bantuan-bantuan sosial dalam pembahasan berikutnya bisa ditingkatkan lagi,” ungkap juru bicara FPKS ketika itu, Ngadiyono.

shs

Tidak ada komentar:

sekilas pandang PARANGGUPITO

Paranggupito awalnya hanya sebuah kelurahan, seiring dengan perluasan wilayah kabupaten Wonogiri atau pemekaran wilayah maka Paranggupito dijadikan sebuah Kota kecamatan kecil yang memiliki 8 DESA meliputi :

1. DESA JOHUNUT

2. DESA KETOS

3. DESA SONGBLEDEG

4. DESA PARANGGUPITO

5. DESA SAMBIHARJO

6. DESA GUDANGHARJO

7. DESA GUNTURHARJO

8. DESA GENDAYAKAN

adapun batas wilayahnya bagian barat di kelurahan songbledeg berbatasan langsung dengan kelurahan songbanyu, rongkop gunungkidul, sebelah utara desa johunut berbatasan langsung dengan kec giritontro, wilayah timur desa gendayakan dan desa gunturharjo berbatasan dengan kec donorojo, dan kalak merupakan bagian kabupaten pacitan jawa timur. sebelah selatan berbatasan langsung dengan pantai selatan dimana kecamatan ini mempunyai 3 pantai yang telah dibuka untuk kunjungan wisata, ritual labuhan, dan rencana dermaga kecil. telah memiliki akses jalan dengan jalan aspal namun memang memiliki jalan berliku dan kurang lebar sehingga harus extra hati_hati. Daerah paranggupito memiliki masyarakat yang sebagian besar petani tadah hujan, memelihara ternak, dan sebagian mengembangkan industri rumah tangga gula jawa. juga telah memiliki fasilitas pendidikan dr setingkat taman kanak kanak sampai dengan SMA serta didukung dengan kelompok perkuliahan jarak jauh. fasilitas kesehatan sudah mendukung dengan satu puskesmas kecamatan 3 puskesmas pembatu, dan bidan desa. serta menjadi kecamatan rawan kekeringan, dengan kondisi alam pegunungan batu padas dan tanah yang tidak begitu subur. namun merupakan salah satu kecamatan penghasil budi daya pertanian berupa gaplek dan kayu jati.

wonogiri, kecamatan paranggupito, paranggupito, sambiharjo, gudangharjo, gunturharjo, gendayakan, johunut, ketos, songbledeg, kota kecamatan paranggupito, pantai nampu, pantai sembukan, pantai sanggrahan,wisata pantai wonogiri, gula jawa, gaplek, nasi thiwul, giribelah

KAOS " I LOVE PARANGGUPITO "

KAOS " I LOVE PARANGGUPITO "
yang menginginkan kaos dengan desain ini bisa pesan dengan harga 25.000 belum termasuk ongkos kirim, bagi yg berminat hub 085228691955

PARANGGUPITO MAP

PARANGGUPITO MAP


peta" PARANGGUPITO "

peta" PARANGGUPITO "