Kamis, 14 Mei 2009

Digerakkan, warga Paranggupito lunasi PBB dalam sehari

Paranggupito (Espos) Camat Paranggupito, Sularso, mengatakan guna menggenjot pendapatan pajak bumi dan bangunan (PBB), Kamis (14/5), digelar acara gerakan warga sadar PBB. 

Dalam sehari, warga 86 dusun di delapan desa se-Kecamatan Paranggupito diharapkan melunasi PBB tahun 2009. Program tersebut, cukup efektif. Hingga pukul 17.00 WIB, terkumpul dana PBB senilai Rp 207.209.688 atau 100%.
Ditemui Espos di sela-sela memantau pembayaran PBB di Dusun Blimbing, Desa Sambiharjo, dia mengatakan untuk kali pertama target PBB di Kecamatan Paranggupito terpenuhi dalam waktu sehari. Dia mengatakan target itu turun sekitar 3% dibanding tahun 2008 yang mencapai Rp 214.326.958. Penurunan itu dikarenakan warga meminta keringanan dan penghapusan duplikasi sertifikat. 
“Ada sertifikat milik orangtua namun sudah dibalik nama menjadi atas nama, namun muncul dua penagihan PBB. Adanya duplikasi itu langsung dilaporkan dan ternyata tahun ini dicoret, sehingga target turun,” jelasnya.
Menurutnya, dengan pelunasan dalam waktu singkat maka kewajiban warga semakin berkurang. 
“Tahun 2008, ada lima dari delapan desa yang lunas 100%. Yakni Desa Paranggupito, Gudangharjo, Johunut, Ketos dan Gunturharjo. Desa Paranggupito mendapatkan hadiah kursi untuk inventaris desa. Selain itu, dengan pelunasan PBB, dana alokasi desa/kelurahan (DAD/K) juga naik.”
Kabid Pendapatan, Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Sri Haryono dan Kasi Pajak Sumedi, turun langsung melakukan pemantauan di Kecamatan Paranggupito. Sri Haryono mengatakan, tunggakan PBB Wonogiri tahun 2008 masih senilai Rp 3,6 miliar. “Tunggakan itu menyebar di 19 kecamatan, sehingga hanya enam kecamatan yang mampu melunasi target PBB tahun 2008. Untuk itu, 16-30 Mei mendatang, kami akan melakukan sosialisasi sehingga kesadaran masyarakat dan petugas semakin tinggi. Jika PBB dilunasi akan mempercepat pembangunan karena Pemkab mendapatkan pengembalian pajak,” ujarnya.
Sri Haryono mengatakan kecamatan yang melunasi PBB dalam serentak satu hari baru Kecamatan Paranggupito, namun untuk desa sudah dilakukan oleh Desa Duren, Kecamatan Jatiroto. 
Ditambahkan oleh Sumedi, sasaran wajib pajak (WP) PBB tahun 2009 di Wonogiri sebanyak 525.735 orang dengan tagihan senilai Rp 11,5 miliar atau naik 0,62% dibanding tahun 2008. - Oleh : tus

Tidak ada komentar:

sekilas pandang PARANGGUPITO

Paranggupito awalnya hanya sebuah kelurahan, seiring dengan perluasan wilayah kabupaten Wonogiri atau pemekaran wilayah maka Paranggupito dijadikan sebuah Kota kecamatan kecil yang memiliki 8 DESA meliputi :

1. DESA JOHUNUT

2. DESA KETOS

3. DESA SONGBLEDEG

4. DESA PARANGGUPITO

5. DESA SAMBIHARJO

6. DESA GUDANGHARJO

7. DESA GUNTURHARJO

8. DESA GENDAYAKAN

adapun batas wilayahnya bagian barat di kelurahan songbledeg berbatasan langsung dengan kelurahan songbanyu, rongkop gunungkidul, sebelah utara desa johunut berbatasan langsung dengan kec giritontro, wilayah timur desa gendayakan dan desa gunturharjo berbatasan dengan kec donorojo, dan kalak merupakan bagian kabupaten pacitan jawa timur. sebelah selatan berbatasan langsung dengan pantai selatan dimana kecamatan ini mempunyai 3 pantai yang telah dibuka untuk kunjungan wisata, ritual labuhan, dan rencana dermaga kecil. telah memiliki akses jalan dengan jalan aspal namun memang memiliki jalan berliku dan kurang lebar sehingga harus extra hati_hati. Daerah paranggupito memiliki masyarakat yang sebagian besar petani tadah hujan, memelihara ternak, dan sebagian mengembangkan industri rumah tangga gula jawa. juga telah memiliki fasilitas pendidikan dr setingkat taman kanak kanak sampai dengan SMA serta didukung dengan kelompok perkuliahan jarak jauh. fasilitas kesehatan sudah mendukung dengan satu puskesmas kecamatan 3 puskesmas pembatu, dan bidan desa. serta menjadi kecamatan rawan kekeringan, dengan kondisi alam pegunungan batu padas dan tanah yang tidak begitu subur. namun merupakan salah satu kecamatan penghasil budi daya pertanian berupa gaplek dan kayu jati.

wonogiri, kecamatan paranggupito, paranggupito, sambiharjo, gudangharjo, gunturharjo, gendayakan, johunut, ketos, songbledeg, kota kecamatan paranggupito, pantai nampu, pantai sembukan, pantai sanggrahan,wisata pantai wonogiri, gula jawa, gaplek, nasi thiwul, giribelah

KAOS " I LOVE PARANGGUPITO "

KAOS " I LOVE PARANGGUPITO "
yang menginginkan kaos dengan desain ini bisa pesan dengan harga 25.000 belum termasuk ongkos kirim, bagi yg berminat hub 085228691955

PARANGGUPITO MAP

PARANGGUPITO MAP


peta" PARANGGUPITO "

peta" PARANGGUPITO "