Minggu, 17 Mei 2009

Kursi PDIP turun ”Sistem pengaruhi penurunan kursi”

Wonogiri (Espos) Hasil perolehan kursi untuk Partai Demokrat (PD) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meningkat, sementara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menurun. 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri, Joko Purnomo, mengatakan ada 20 incumbent atau pemain lama yang terpilih.
“Hemat saya, penetapan calon terpilih dan perolehan kursi digelar bersamaan,” jelasnya kepada Espos seusai menggelar rapat pleno terbuka dalam rangka penetapan hasil Pemilu dan perolehan kursi partai politik serta penetapan calon terpilih anggota DPRD, Minggu (17/5).
Dia mengatakan, SK KPU No 13 dan 14 tentang Penetapan Calon Terpilih dan Perolehan Kursi telah diterbitkan. Pengambilan sumpah calon tersebut akan ditentukan oleh DPRD. “Hari ini (kemarin-red) SK mengenai penetapan calon terpilih dan perolehan kursi telah diterbitkan,” jelasnya.
Lebih lanjut dia mengatakan, perolehan kursi maupun incumbent yang menjadi calon terpilih tidak jauh berbeda dengan hasil prediksi sebelumnya. Dia mengatakan, kendati memperoleh suara tertinggi, perolehan kursi PDIP turun lima kursi dibandingkan tahun lalu yakni dari 24 kursi menjadi 19 kursi. Sementara itu, perolehan kursi Partai Golongan Karya dan Partai Amanat Nasional (PAN) tetap.
Sementara kursi PKS dan PD mengalami peningkatan. Dia mengatakan, untuk PKS pada Pemilu sebelumnya mendapatkan empat kursi meningkat menjadi enam kursi dan kursi PD naik dari satu kursi menjadi lima kursi. 
Pada daftar legislator baru itu, tercatat nama Lakgiyatmo dari Partai Demokrat. Saat ini, mantan Ketua Harian Persiwi itu ditahan Kejari dalam kasus dugaan penyelewengan dana.
Banyak pilihan
Terkait penurunan perolehan kursi yang didapatkan partai berlambang moncong putih itu, Sekretaris DPC PDIP Wonogiri, Muhammad Zainudin, mengatakan hal tersebut dipengaruhi sistem Pemilu yang digunakan. Dia mengatakan, peluang partai lama dan baru adalah sama. Selain itu, sebelumnya hanya mereka yang menempati angka kecil bersemangat melakukan kampanye. “Sekarang nomor urut Caleg tidak mempengaruhi, selain itu rivalitas di multipartai menjadikan semakin banyak pilihan.” 

50 Caleg terpilih

PDIP
1 Rudatin Haryanto SE
2 Wawan Setya Nugraha, S.Sos
3 Bambang Sadriyanto
4 MH Zainudin SSos M Hum
5 A S Joko Prayitno
6 Timo
7 Iyut Yatiyo
8 Indah Retnowati SE
9 Endah Umaryani
10 Sriyono SPd
11 Catur Winarko
12 Tarso
13 Gimanto SH
14 Wahyudi SH
15 Martanto SH
16 Titik Sugiyarti SSos
17 Setyo Sukarno
18 Soetarno
19 Novri Roesmono

Partai Gerindra
20 Suratno
21 Indun Suyetno

Partai Golkar
22 Retno Haryani SE
23 Samino SIP
24 H Sutrisno SE MM
25 Suhardono
26 Sugeng Ahmadi
27 Gatot Riyomo
28 Tuharno SH
29 Radjiman
30 Heru Sukoco SPsi
31 Kristian Teguh Suryono ST
32 Sugiyarto SPd
33 Hj Paryanti

PAN
34 Sardi
35 Sulardi
36 Iskandar
37 Sunarmin

PD
38 H Lakgiyatmo
39 Tinggeng SH
40 Marhendi Indriatmoko
41 Susanto
42 M Nusantoro 

PPP
43 Dangi Darmanto
44 Haryoto SPd


PKS
45 Ir Dwi Hatmoko
46 Drs Hamid Noor Yasin MM
47 Ahmad Zarif SE
48 Jarmono SE
49 Paino SE
50 dr Ngadiyono

Sumber: KPU - Oleh : Dina Ananti Sawitri S

Tidak ada komentar:

sekilas pandang PARANGGUPITO

Paranggupito awalnya hanya sebuah kelurahan, seiring dengan perluasan wilayah kabupaten Wonogiri atau pemekaran wilayah maka Paranggupito dijadikan sebuah Kota kecamatan kecil yang memiliki 8 DESA meliputi :

1. DESA JOHUNUT

2. DESA KETOS

3. DESA SONGBLEDEG

4. DESA PARANGGUPITO

5. DESA SAMBIHARJO

6. DESA GUDANGHARJO

7. DESA GUNTURHARJO

8. DESA GENDAYAKAN

adapun batas wilayahnya bagian barat di kelurahan songbledeg berbatasan langsung dengan kelurahan songbanyu, rongkop gunungkidul, sebelah utara desa johunut berbatasan langsung dengan kec giritontro, wilayah timur desa gendayakan dan desa gunturharjo berbatasan dengan kec donorojo, dan kalak merupakan bagian kabupaten pacitan jawa timur. sebelah selatan berbatasan langsung dengan pantai selatan dimana kecamatan ini mempunyai 3 pantai yang telah dibuka untuk kunjungan wisata, ritual labuhan, dan rencana dermaga kecil. telah memiliki akses jalan dengan jalan aspal namun memang memiliki jalan berliku dan kurang lebar sehingga harus extra hati_hati. Daerah paranggupito memiliki masyarakat yang sebagian besar petani tadah hujan, memelihara ternak, dan sebagian mengembangkan industri rumah tangga gula jawa. juga telah memiliki fasilitas pendidikan dr setingkat taman kanak kanak sampai dengan SMA serta didukung dengan kelompok perkuliahan jarak jauh. fasilitas kesehatan sudah mendukung dengan satu puskesmas kecamatan 3 puskesmas pembatu, dan bidan desa. serta menjadi kecamatan rawan kekeringan, dengan kondisi alam pegunungan batu padas dan tanah yang tidak begitu subur. namun merupakan salah satu kecamatan penghasil budi daya pertanian berupa gaplek dan kayu jati.

wonogiri, kecamatan paranggupito, paranggupito, sambiharjo, gudangharjo, gunturharjo, gendayakan, johunut, ketos, songbledeg, kota kecamatan paranggupito, pantai nampu, pantai sembukan, pantai sanggrahan,wisata pantai wonogiri, gula jawa, gaplek, nasi thiwul, giribelah

KAOS " I LOVE PARANGGUPITO "

KAOS " I LOVE PARANGGUPITO "
yang menginginkan kaos dengan desain ini bisa pesan dengan harga 25.000 belum termasuk ongkos kirim, bagi yg berminat hub 085228691955

PARANGGUPITO MAP

PARANGGUPITO MAP


peta" PARANGGUPITO "

peta" PARANGGUPITO "